Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu)

Setiap partai berkepentingan dan berjuang keras untuk meraih sebanyak-banyaknya suara rakyat dalam pemilihan umum. Perolehan suara di semua daerah pemilihan inilah yang menentukan berapa banyak kursi yang diraih di parlemen.

Bahkan, bila suatu partai gagal memperoleh ambang batas 3,5% dari jumlah suara sah secara nasional, partai tersebut tidak dapat menjadi Partai Politik Peserta Pemilu pada Pemilu berikutnya.

Partai NasDem didirikan untuk menjadi partai terbesar, setidaknya menjadi tiga besar. Untuk itu Partai NasDem harus bisa meraih sedikitnya 20% suara.

Hanya dengan perolehan suara yang signifikan itu Partai NasDem dapat melakukan perubahan. Untuk itulah dibentuk Bappilu (Badan Pemenangan Pemilihan Umum), yang sesuai namanya badan ini bertugas untuk memenangkan Partai NasDem dalam Pemilu 2014.

Di jajaran Dewan Pimpinan Pusat (DPP), Bappilu dipimpin Ferry Mursyidan Baldan, yang juga Ketua Bidang Pemilihan Umum DPP Partai NasDem.

Ferry adalah seorang politisi yang sangat berpengalaman di DPR, terutama berperan dalam merumuskan berbagai undang-undang politik.

Kantor Bappilu menempati sebuah lantai khusus di Gedung Partai NasDem, Jalan RP Soeroso, Jakarta. Bappilu dilengkapi pula dengan kecanggihan teknologi informasi sehingga perkembangan perolehan suara di setiap provinsi dapat dipantau secara online, secara real time.